Sabtu, 31 Mei 2014

Teks Negosiasi



Teks Negosiasi

Ø  Pengertian
o   Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda
o   Negosiasi bertujuan untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak

Ø  Struktur Teks:
o   Orientasi
o   Permintaan
o   Pemenuhan
o   Penawaran
o   Persetujuan
o   Pembelian
o   Penutup

Ø  Ciri Kebahasaan :
o   Bahasa persuasif, yaitu bahasa yang digunakan untuk membujuk
o   Kalimat deklaratif, yaitu kalimat yang berisi pernyataan. Berfungsi untukmemberikan informasi atau berita tentang sesuatu
o   Bahasa yang sopan

Ø  Tindakan Negosiasi :
o   Mengajak untuk membuat kesepakatan
o   Memberikan alasan mengapa harus ada kesepakatan
o   Membandingkan beberapa pilihan
o   Memperjelas dan meguji pandangan yang dikemukakan
o   Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama
o   Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi

Ø  Ciri Negiosiasi  :
o   Negosiasi menghasilkan kesepakatan
o   Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
o   Negosiasi merupakan sarana untuk mencari penyelesaian
o   Negosiasi mengarah kepada tujuan praktis
o   Negosiasi memprioritaskan kepentingan bersama

Ø  Contoh Negosiasi :

Ditempat elektronik.
Karyawan toko : “siang pa, mau cari apa?”
Ayah                            : “mau cari laptop yang bagus tapi murah ada ga ya?”
Karyawan toko : “wah, kalo laptop yang bagus rata-rata harganya diatas 5 pak, mau?”
Ayah                            : “yah, bajet saya dibawah 5 mba”
Karyawan toko : “ada sih tapi netbook pak, mau?”
Ayah                            : “boleh tuh mba, merek apa? Bagus ga?”
Karyawan toko :  “semua mah bagus-bagus pak dijamin.. mereknya juga banyak variasinya.. ada lenovo, asus, acer.. banyak pak”
Ayah                            : “yang lagi ngetren apa mba?”
Karyawan toko : “mmmm... lenovo ada yang keluaran terbaru pak” “ bisa dilihat ini contohnya pa.. warnanya juga banyak ada putih, hitam, pink, merah, hijau, biru ada semua pak”
Ayah                            : “wah bagus yah... tapi nanti dulu nih, harganya gimana? Sesuai ga?”
Karyawan toko : “harga mah, sesuai lah saya kasih.. Rp 4.600.0000. gimana pa? Murah kan?”
Ayah                            : “dibawah sih dibawah, tapi masa di kurangin 400.000 doang. Ini mah 3.000.000 bisa lah..”
Karyawan toko : “yah 3.000.000 ga bisa pak, ini udah harga toko, paling untung sedikit”
Ayah                            : “kurangin dikit lah.. saya mau kasih hadiah ke anak saya yang ulang tahun mba, kalo segitu mah saya ga mau deh 3.500.000 saya ambil”
Karyawan toko : “ yah pak..  naikin lagi lah... 4.300.000 pak saya udah turunin 300.000 tuh lumayan”’
Ayah                            : “kurang sedikit banget mbak, 3.800.000 dah?”
Karyawan toko : “gini deh saya kasih 4.000.000 bapak mau, ambil. Engga, yaudah gapapa.. udah mentok tuh pak gabisa turun lagi.. “
Ayah                             : “hmmm... yaudah saya ambil, ikhlas ga nih kasih harga segitu?”
Karyawan toko : “ikhlas lah pak, dil ya?”
Ayah                            : “dil”
Karwayan toko : “oke pak, mau ngambil warna apa?”
Ayah                            : “biru mba”
Karyawan toko : “sebentar saya liat dulu ya pak stoknya”
Ayah                            : “iya mbak silahkan”
Karyawan toko : “yah... warnan yang ada tinggal hijau, merah, putih, hitam. Ada sih biru tapi paling besok stoknya baru sampe lagi”
Ayah                            : “gimana sih mba tadi katanya banyak warnanya..”
Karyawan toko : “iya pak maaf banget saya baru dapet kabar td”
Ayah                            : “mmm..warna putih deh..”
Karyawan toko : “oke pak,” “ini pak.. bisa dilihat dulu barangnya” “bapak bisa ke orang ini buat pengaturan dan lain-lainnya” “saya tinggal dulu ya pak, ambil kwitansi sama stample nya”
Ayah                            : “iya’’
Mas karyawan : “sini pak saya bantu”
Ayah                           : “gausah mas, saya bisa dirumah aja, saya lagi buru-buru”
Mas karyawan : “oh yaudah pak ini saya kasih CD instal windowsnya”
Karyawan toko : “oke pak semua jadi 4jt ya”
Ayah                            : “iya mba, ini uangnnya”
Karyawan toko : “saya terima yah..” “ini kwitansi sama kartu garansi dari toko kita.. kalo ada apa-apa bisa kesini asal membawa kwitansi dan kartu garansinya. Berlaku sampai tahun 2016”
Ayah                            : “iya mba makasih banyak yah.. saya bawa yah terimakasih sekali lagi”
Karyawan toko : “terimakasih juga pak, mampir lagi ya”
Ayah                            : “mari”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar